Analisis Web Layanan Staffsite Universitas Gunadarma

Pada tahap ini penulis akan menganalisis Website Staffsite Gunadarma dimulai dari desain tampilan website secara keseluruhan sampai ke informasi yang di sajikan pada website ini. Lalu membuat pembahasan yang akan memaparkan evaluasi yang dilakukan penulis mengenai website Staffsite Gunadarma ini.

Desain Tampilan

Desain tampilan memiliki peran yang sangat penting. Karena hal inilah yang pertama kali menjadi fokus utama user saat mengunjungi sebuah halaman website. Pada tahap ini ada tiga hal yang akan penulis analisis berkenaan dengan desain tampilan website Staffsite Gunadarma, yaitu :

1.      Kesesuaian Penggunaan Warna Tampilan

Pemakaian warna dalam tampilan sebuah website cukup penting artinya. Karena semakin baik pemakaian keseuaian warna, maka semakin baik website tersebut, dan menarik perhatian user. Pada Tampilan Website Staffsite Gunadarma ini menggunakan perpaduan warna background yaitu warna biru (hampir mendekati ungu) dan putih.

Dengan memakai dua warna dasar, sehingga website ini terbagi menjadi dua sisi. Sisi yang kiri untuk keperluan pengajar sedangkan yang sebelah kanan digunakan oleh mahasiswa atau user untuk mencari nama pengajar.

2.      Kesesuaian penggunaan font

Pemakaian huruf juga penting dan berpengaruh dalam sebuah website. Pada website ini pemakaian font yang ada terasa nyaman untuk dilihat. Keselarasan warna background dengan font amat diperhitungkan dalam pembuatan website ini. Jika background berwarna putih maka font yang digunakan berwarna hitam (yang dominan), begitupun jika background berwarna biru maka font berwarna putih. Namun untuk ukuran font pada bagian kiri dirasa amat kecil sehingga untuk orang yang pernglihatannya kurang jelas terasa tidak membantu. Link yang ditampilkan juga berwarna kuning sehingga sangat kontras dengan warna putih.

3.      Link dan Navigasi

Pada tampilan awal website, tidak terdapat banyak link-link dikarenakan memang fungsi dari website ini adalah untuk mencari daftar dosen yang mengajar di Universitas Gunadarma. Jadi link yang tersedia adalah hanya link untuk menampilkan prosedur pembuatan Staffsite dan link untuk menampilkan daftar nama pengajar yang ada di Universitas Gunadarma.

Berikut tampilan secara keseluruhan dari tampilan halaman utama (home) pada website ini.

3.1.1 Isi dan Informasi

Isi dan informasi merupakan hal penting dalam sebuah website. Karena, hal inilah yang dicari dan dibutuhkan oleh user. Semakin update, baik, dan bermanfaat bagi user maka semakin baik sebuah website tersebut. Ada tiga hal yang penulis analisis pada tahap ini, meliputi :

1.      Update data dan informasi

Karena tujuan awal dari website ini sebagai media untuk pengajar memberikan materi yang di ajarkan di kelas. Maka pada tampilan awal website ini hanya berupa inputan untuk memasukkan nama pengajar yang terdapat di Universitas Gunadarma kemudian mahasiswa dapat menuju ke homesite dari pengajar yang namanya sudah diinputkan di awal tadi. Jika mahasiswa atau user tidak mengetahui nama lengkap dari pengajar yang ada maka user tersebut dapat mengklik link yang terdapat di bawah label search.

Namun ketika user menginput sebuah nama, user tidak di bantu dengan adanya list nama pengajar yang berkaitan dengan inputan yang diinput oleh user tersebut. Jika inputan yang dimasukkan tidak tepat maka inputan dinyatakan tidak berhasil ditambah dengan tidak adanya bantuan alternatif berupa nama pengajar yang berkaitan dengan nama yang diinputkan tadi.

2.      Layanan website

Setelah mahasiswa menginputkan nama pengajar maka selanjutnya tampilan akan menuju ke homesite pengajar yang sudah dinputkan namanya terlebih dahulu. Pada halaman homesite pengajar tersebut terdapat beberapa link yang digunakan untuk menuju ke halaman yang berkaitan. Link-link tersebut yaitu link home, download, news n link, publications, blog.

Halaman Home berisi tentang identitas pengajar yang dituju seperti nama, tempat tinggal, no telpon, posisi, dan banyak lagi lainnya.

Halaman download berisi tentang materi yang dibagikan pengajar untuk mahasiswa yang bersangkutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s