Pemuda dan Sosialisasi

Penjelasan singkat Antroposentris dan Teosentris yg muncul karena adanya cita” tentang kesamaan derajat/sosial

Pandangan antroposentris beranggapan bahwa kehidupan tidak berpusat pada Tuhan tapi pada manusia. Etosnya adalah semangat menghargai nilai-nilai yang dibangun oleh manusia sendiri. Peradaban antroposentris menjadikan manusia sebagai tolok ukur kebenaran dan kepalsuan, untuk memakai manusia sebagai kriteria keindahan dan untuk memberikan nilai penting pada bagian kehidupan yang menjanjikan kekuasaan dan kesenangan manusia. Antroposentrisme menganggap manusia sebagai pusat dunia, karenanya merasa cukup dengan dirinya sendiri. Manusia antroposentris merasa menjadi penguasa bagi dirinya sendiri. Tidak hanya itu, ia pun bertindak lebih jauh, ia ingin menjadi penguasa bagi yang lain. Alam raya pun lalu menjadi sasaran nafsu berkuasanya yang semakin lama semakin tak terkendali.

Kuntowijoyo lalu mengusulkan humanisme teosentris sebagai ganti humanisme antroposentris untuk mengangkat kembali martabat manusia. Dengan konsep ini, manusia harus memusatkan diri pada Tuhan, tapi tujuannya adalah untuk kepentingan manusia (kemanusiaan) sendiri.

Pandangan Antroposentris & Teosentris semuanya adalah cita-cita tentang kesamaan derajat atau permasaan sosial , yang menawarkan diri untuk mengatasi ketimpangan sosial dalam tatanan masyarakat. Betapapun gencarnya usaha dari gerakan persamaan sosial dari kedua pandangan tersebut,pada umumnya sulit menghindari diri dari kenyataan.

 

Pengertian Pemuda

Beberapa literatur Mengemukakan bawah yang dimaksud pemuda ialah :
a. mereka yang berumur antara 10-24 tahun
b. mereka yang berumur antara 15-30 tahun
c. mereka yang berumur antara 15-35 tahun
d. mereka yang secara psikologis mempunyai jiwa muda dan mempunyai identitas kepemudaan.

Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpilkan bahwa yang dimaksud dengan pemuda adalah mereka yang berumur 10-35 tahun atau lebih , dengan catatan , yang lebih dari 35 tahun tersebut secara psikologis mempunyai jiwa kepemudaan dan mempunyai identitas kepemudaan.

 

4 struktur penting yg menentukan kepribadian

a. Keturunan (Warisan Biologis)
Manusia Dilahirkan dengan struktur anatomi , fisiologi , dan urat sarafnya , yang menentukan batas-batas tertentu terhadap tingkah laku sosialnya. Batas – batas tersebut berpengaruh terhadap perkembangan sosialnya , artinya penting di dalam proses sosialisasi.

b. Lingkungan Tempat
Lingkungan tempat manusia hidup terdiri dari lokasi , iklim , topografi , dan sumber-sumber alam.
Kesemua Faktor ini mempengaruhi aktivitas manusia.

c. Tempat Fisik Kehidupan Sosial
Semua manusia tumbuh dewasa bersama-sama dengan bertambahnya pengalaman di dalam satu atau lain tempat geografi , dengan banyak dan sedikit , ada atau tidak aneka ragam tempat fisik seperti agraris dan non-agraris. Dengan Demikian mesti mengembangkan adat-istiadat , cara hidup , dan ciri kepribadian yang cocok dalam kelangsungan hidupnya.

d.Lingkungan Sosial dan Budaya
Dalam lingkungan sosial dan budaya tidak ada dua orang individu pun yang hasil bentukan sosialisasinya sama , sebab banyak perbedaan aspek sosial dan budaya seperti dalam ekspresi kebudayaan,pengetahuan, atau keterampilan, pengawasan sosial , standar hidup , kontak dari kelompok tertentu dan mobilitas sosial. Lingkungan sosial mempengaruhi dalam proses sosialisasi. Perbedaan lingkungan sosial dan budaya , seperti dalam hal orientasinya , menentukan pribadi seseorang.

 

Ciri-ciri sistem politik negara sedang berkembang menurut Shils, Almond & Coleman

– Demokrasi Politik : memiliki struktur politik paling lengkap seperti adnya lembaga legislatif,eksekutif,yudikatif,kelompok kepentingan atau partai politik. fungsi lembaga tersebut berkedudukan otonom (bebas),legislatif dipilh secara periodik melalui pemilu,terdapatnya pergantian kepemimpinan secara teratur untuk mengontrol kekuasaan eksekutif.

– Demokrasi Terpimpin : memiliki striktur politik sama dengan demokrasi politik.Perbedaannya terletak pada fungsinya yaitu: fakta bahwa kekuasaan demokrasi terpimpin berkonsentrasi pada tangan eksekutif,eksekutif lebih berkuasa dari legislativ,ikatan kekuasaan eksekutif dengan partai pemerintah lebih erat,oposisi terbatas,dan pendapat umum didominasikan pemerintah,parlemen tidak punya kekuatan riil dan partai-partai diikat dengan ideologi.

– Oligarki Pembangunan : mempercepat deokrasi dan modernisasi.Struktur sistem politik memiliki pemerintah baik itu militer maupun sipil,parlemen (sebagai syarat formal),tidak ada oposisi dan yudikatif tidak bebas(parsial).Ditinjau dari fungsinya,kekuasaan bertumpu pada eksekutif,parlemen hanya memberikan persetujuan/nasihat rencana aturan eksekutif,oposisi tidak ada,sangat bergantung pada birokrasi,keekuasaan digunakan untuk memobilisasi penduduk demi kesatuan nasional dan proyek pembangunan dan yudikatif mandul.

– Oligarki Totaliter : tidak ada pusat kekusaan selain penguasa,dominasi semua aspek kehidupan masyarakat dan pusat,kelompok kecil menguasai seluruh sistem,elit politik memiliki ideology konsisten dan terperinci, ideology pengikat persatuan dan tameng serangan luar, birokrasi dan partai mengalami indoktrinasi dan mobilisasi penduduk, partai pengawas atas birokrasi lembaga pelaksana negara, wakil rakyat tidak membawa perubahan pada susunan elit yang berkuasa,tidak ada swasta/kelompok kepentinganotonom,ada hanya organisasi terafiliasi dengan partai.

– Oligarki Tradisional : warisan dari elit dinasti karena berhasil menghindarkan diri dari penjajahan kolonial,kekuasaan raja dan kelompok berkuasa di sekelilingnya karena tradisi,aparat negara terbatas tugasnya ,desa tidak mendapat perhatian, pengangkatan jabatan pribadi dengan pertimbangan pribadi, parlemen hanyalah hiasan karena lemah tergantung kemurahan hati raja atau elit politik,elit sebagai pembuat undang-undang bukan parlemen, tidak ada organisasi bebas tanpa kontrol penguasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s