BAB I Manusia dan Kebudayaan

BAB I

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

 

MATERI

Kepribadian Bangsa Timur

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri, makhluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan, makhluk yang berbudaya.

Kepribadian adalah keseluruhan cara dimana seorang individu breaksi dengan individu lain, kepribadian paling sering di deskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjuk oleh seorang.

Kepribadian bangsa timur:

Manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda satu sama lainnya, seperti pada belahan dunia bagian timur orang-orang bangsa timur ini adalah bangsa asia mereka memiliki kepribadian yang jauh berbeda dengan bangsa-bangsa lainnya, pada umumnya bangsa timur ini sangat ramah terhadap sesama, terlihat dari tutur kata berbicara nya memiliki sikap sopan santun dan tata krama yang sangat tinggi.

Saling gotong royong bersama, saling tolong menolong terhadap sesama umat manusia, dan saling menghargai satu sama lainnya, selain itu bangsa timur ini lebih mementingkan kehidupan rohani nya di bandingkan dengan bangsa barat karena bangsa barat pada umumnya lebih mementingkan diri nya sendiri, pikirannya logis dan terbuka.

Dalam hal berpakaian bangsa timur cendrung lebih sopan dan tertutup karena bangsa ini lebih mementingkan kehidupan rohani dan mereka mempunyai rasa malu yang cukup tinggi, namun bangsa barat cendrung terbuka dan blak-blakan di depan umum. Dan juga bangsa timur ini sangat melestarikan budaya masing-masing dan mempunyai adat istiadat yang di junjung tinggi.

Jadi kesimpulannya bangsa timur ini memiliki sikap yang jauh lebih baik dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain yang berada di belahan bumi lainnya.

sumber

STUDI KASUS

Sudah banyak warga negara asing yang menjadi warga negara Indonesia karena alasan keramahan bangsa Indonesia. Misalnya saja, pemain timas asal belanda “Irfan Bachdim” yang mengaku senang bisa ikut bergabung dalam tim kebanggaan rakyat Indonesia. Begitu juga dengan si “el-loco” Gonzales pemain naturalisasi asal Uruguay ini selain karena ia mempunyai istri yang berasal dari Indonesia tetapi di karenakan ia juga mengakui kalau Indonesia memang terkenal dengan keramahannya dan bersahabat seperti yang ia dapat saat berlatih bersama dengan pemain timnas asal Indonesia asli.

Tak hanya mereka, masih banyak lagi artis dari negara lain yang mencoba merasakan kehangatan di Indonesia meski tak sedikit juga artis Indonesia yang berada di negara lain. Tapi seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia patut merasa bangga menjadi rakyat dari negara yang terkenal dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika” meski banyak budaya dan satu sama lain berbeda, bangsa Indonesia sudah cukup membuktikan dengan tetap bersatunya dalam kehangatan dan keramahan rakyatnya.

 

OPINI

Kita sebagai bangsa sudah sangat tentu harus bangga dengan budaya kita sendiri. karena dengan rasa kebanggaan itu sudah tentu akan menimbulkan rasa kecintaan terhadap bangsa ini. kita sebagai warga negara Indonesia seharusnya lebih menjunjung tinggi kebudayaan yang kita miliki ketimbang hanya ikut – ikutan dengan budaya dan tradisi bangsa lain. karena kita merupakan generasi penerus dari bangsa kita. jadi sudah barang tentu masa depan bangsa kita ada ditangan kita. sekarang tinggal bagaimana sikap dan tindakan kita dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan dan peninggalan para leluhur kita dan lebih menciptakan kecintaan kita terhadap budaya sendiri dibandingkan dengan budaya luar.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s