Perusahaan Go Publik dan Kerjasama

PT. Garuda Indonesia Akan Go Public

PT. Garuda Indonesia tidak lama lagi akan “go public” menjadi perusahaan yang terdaftar dengan metode IPO (Initial Public Offering) atau penawaran saham perdana. Go publik ini direncanakan akan diluncurkan kwartal pertama 2010.

“Kita doakan mendapat sambutan masyarakat investor, sehingga saham yang akan dilepas nanti akan mencapai target,” kata Menteri Negara BUMN Mustafa Abu bakar, pada pencanangan program lingkungan Garuda bekerjasama dengan Yayasan Leuser Internasional (YLI), tadi malam.

Mustafa menyatakan, PT. Garuda akan melepaskan 25 persen sahamnya ke publik untuk memperkuat modal yang nilainya sekarang sebesar Rp2,5 triliun.

Sebagai gambaran, PT. Garuda saat ini menempati bintang empat, sehingga satu tingkat lagi mencapai bintang lima yang merupakan bintang tertinggi yang dimiliki airline dunia.

“Kita berharap PT Garuda yang merupakan binaan Kementrian BUMN ini bisa mencapai bintang lima, sehingga program go public tersebut bisa berjalan lancar,” ujarnya.

PT. Garuda Indonesia optimistis penawaran umum saham perdana (IPO) akan terealisasi pada semester I 2010 dan proses persiapan IPO sudah dilakukan, termasuk menjaring penjamin emisi (underwriter),” kata Emirsyah Satar.

Menurut Emirsyah, IPO merupakan rangkaian dari restrukturisasi perusahaan demi meningkatkan kinerja perseroan. Dana hasil IPO tersebut diperkirakan mencapai 300 juta dolar Amerika Serikat (AS).

“Hasil emisi saham akan digunakan untuk membiayai penambahan pesawat dan peremajaan pesawat, termasuk peningkatan kualitas layanan,” tegasnya.

Menurutnya, IPO akan sangat tergantung pada kondisi pasar dan perusahaan akan menyesuaikan dengan perkembangan pasar modal dalam negeri.

Dia mengatakan, jumlah pesawat Garuda hingga 2014 nanti akan ditingkatkan menjadi 116 unit dari saat ini 67 unit dan ini salah satu usaha membantu konsumen dalam dan luar negeri.
Peningkatan jumlah armada juga diiringi penambahan rute dan frekuensi penerbangan sehingga menjadi sekitar 3.000 penerbangan per minggu, dari saat ini sekitar 1.700 penerbangan per minggu.

Telkom Jalin Kerjasama dengan 5 Perusahaan

Telkom menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Bank BTN, Jakarta Consulting Group, Adira dinamika Multi Finance, Mega Central Finance, Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Guna bersamaan acara Pameran Apconex 2008 di Jakarta Convention Center, Rabu (07/05).

Perjanjian Kerjasama dengan Bank BTN merupakan perjanjian pemanfaatan potensi bersama, meliputi kredit, dana dan layanan, infrastruktur telekomunikasi dan teknologi informasi pembembangan SDM, dan kesyariahan. Sedangkan perjanjian kerja sama Telkom dengan Jakarta Consulting Group memuat tentang sinergi pemasaran dan jasa konsultasi. Keduanya ditandatangani oleh dirut masing-masing. 

Masalah amandemen kontrak penyediaan jasa layanan VPN-IP merupakan isi perjanjian Telkom dengan Adira Dinamika Multi Finance dan Mega Central Finance. Kemudian Telkom dengan Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya, menandatangani kontrak berlangganan layanan Solution for Enterprise Network.

Sumber1 , Sumber 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s