Chapter 2 – Permintaan dan Penawaran

Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Contoh permintaan adalah dipasar yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran.

Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot karena jika barang terbatas ,maka sang penjual akan menjual dengan harga mahal. Akan tetapi bila barang yang dijual berlimpah maka sang penjual akan menjual dengan harga murah agar barang dagangannya cepat habis. Disini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa terjadi suatu hubungan yang sangat erat antara jumlah yang dibeli oleh konsumen dengan harga suatu barang. Hubungan antara keduanya itu disebut sebagai permintaan dan penawaran.

HUKUM PERMINTAAN DAN PENAWARAN

a. Hukum Permintaan (the low of demand)

Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :

“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat.

– Beberapa Penentuan Permintaan

Permintaan seseorang atau suatu masyarakat kepada suatu barang ditentukan oleh faktor-faktor, diantaranya:

  1. Harga barang itu sendiri (Px)
  2. Harga barang lain ( Py)
  3. Pendapatan konsumen (Inc)
  4. Cita rasa (T)
  5. Iklim (S)
  6. Jumlah penduduk (Pop)
  7. Ramalan masa yang akan datang (F)

Persamaan :

(Qd = F.(Px, Py, Ine,T,S, Pop,F)

– Kurva Permintaan

Kurva Permintaan dapat didefinisikan sebagai: “Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli.” Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan terbalik.

b. Hukum Penawaran

Hukum penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa : “Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah
harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”

– Beberapa Penentuan Penawaran

Keinginan para penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga ditentukan oleh beberapa faktor. Yang tepenting adalah :

  1. Harga P
  2. Harga barang lain Px
  3. Biaya faktor produksi FP
  4. Teknologi T
  5. Tujuan perusahaan
  6. Ekspektasi (ramalan)

Secara matematis:

Qs = F (Px, Py, Fp, T1 …………… )

Persamaan penawaran Qs = a + bp

– Kurva Penawaran

Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai :

“Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.

Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas. Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas. Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar.

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

1. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan :

  • Harga barang itu sendiri. Harga barang akan memengaruhi jumlah barang yang diminta
  • Harga barang subtitusi (Pengganti). Harga barang dan jasa pengganti (substitusi) ikut memengaruhi jumlah barang dan jasa yang diminta.
  • Harga barang komplementer (Pelengkap). Barang pelengkap juga dapat memengaruhi permintaan barang/jasa. 
  • Pendapatan. Besar kecilnya pendapatan yang diperoleh seseorang turut menentukan besarnya permintaan akan barang dan jasa.
  • Selera konsumen. Selera konsumen terhadap barang dan jasa dapat memengaruhi jumlah barang yang diminta.
  • Intensitas kebutuhan konsumen. Intensitas kebutuhan konsumen berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta.
  • Perkiraan harga di masa depan. Apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan naik maka konsumen cenderung menambah jumlah barang yang dibeli karena ada kekhawatiran harga akan semakin mahal.
  • Jumlah penduduk. Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang yang diminta.

2. Faktor-faktor yang Memengaruhi Penawaran

  • Harga barang itu sendiri. Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan meningkat.
  • Harga barang pengganti. Apabila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan  eningkatkan jumlah barang yang ditawarkan.
  • Biaya produksi. Biaya produksi berkaitan dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi.
  • Kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan.
  • Pajak. Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga.
  • Perkiraan harga di masa depan. Perkiraan harga di masa datang sangat memengaruhi besar kecilnya jumlah penawaran.

Sumber

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s