Cara Meredam Emosi Sesaat

Setiap kita tentu pernah mengalami yang namanya “emosi”. Namun ada kalanya kita tidak tahu harus bagaimana, harus apa, dan harus dilampiaskan kepada siapa. Menurut survei yang ada mengatakan bahwa wanita bila mengalami emosi sesaat cenderung di lampiaskan dengan menangis, namun bila pria yang mengalami hal tersebut, maka tak jarang ia akan mencari rutinitas yang akan menghilangkan emosi sesaat tersebut. Berikut akan saya bagikan tips dan trik untuk mengatasi emosi sesaat menurut pengalaman yang sering saya alami, yaitu :

1. Tarik Nafas Dalam – Dalam

Menarik nafas dalam – dalam dapat merelaksasikan saraf – saraf otak yang tegang karna emosi sesaat, coba lakukan secara berulang – ulang hingga emosi mereda dengan cara menarik nafas dalam – dalam lalu hembuskan secara perlahan.

2. Menangis

Cara ini memang akan membuat citra diri kalau kita “cengeng” namun bila memang menangis dapat meredakan emosi yang ada, lakukanlah itu hingga beban yang terasa di dalam hati dapat tercurahkan melalui air mata.

3. Menyendiri

Daripada saat emosi lalu kita memarahi orang yang salah, lebih baik kita menyendiri kalau memang itu bisa meredam emosi yang ada. Carilah tempat yang aman dan santai agar kita dapat merileks-kan pikiran yang kacau. Sebagai pilihan, pergilah ke tempat yang Anda sukai, misalnya pantai, taman, atau manapun yang Anda suka dan tentunya menenangkan jiwa.

4. Makan

Banyak orang yang sedang emosi, menyalurkan amarahnya melalui makanan. Namun cara ini tidak aman bagi Anda yang melakukan diet, karna bila cara ini dilakukan, maka berat badan yang telah turun karna diet, tentu akan naik kembali karna tubuh mendapat asupan yang berlebih dari biasanya.

5. Tidur

Para pria cenderung melakukan hal ini dikarenakan sebagian besar dari mereka malas untuk melakukan sesuatu bila sedang berada pada kondisi amarah. Memang cukup menyenangkan tidur itu karna dengan tidur, bila kita telah terbangun, tentu akan membawa tubuh kita kepada mood yang lebih segar dan lebih menyenangkan.

6. Berteriak Sekencang – kencangnya

Untuk cara berikut, sebaiknya kita memilih tempat yang lebih aman, karna bila kita melakukan cara ini di sembarang tempat, bukan tidak mungkin orang – orang akan menyangka bahwa kita telah mengalami gangguan jiwa. Coba cari tempat yang memang sepi, jauh dari permukiman warga.

7. Bernyanyi dan Mendengarkan Musik

Bila emosi yang ada sangat menyiksa, maka bernyanyilah. Anggap saja Anda sedang melakukan “konser”. Medengarkan musik juga dapat menstimulus saraf otak kita akan lebih merasa tenang sehingga emosi yang ada mampu kendalikan dan mood dapat meningkat kembali.

8. Sharing kepada Teman

Wanita cenderung melakukan cara ini bila sedang emosi. Tapi bila kita melakukan cara ini, pilihlah orang yang benar – benar Anda percayai karna bila Anda salah mencari teman yang cocok untuk menjadi teman “curhat” Anda, sudah bukanhal yang tabu kalau semua cerita Anda akan diketahui oleh orang lain.

Masih banyak hal yang dapat dilakukan saat emosi itu tiba, namun perlu diketahui bahwa emosi yang ada bila tidak segera diselesaikan maka akan menjadi penyakit di dalam tubuh kita, karna pusat dari penyakit yang ada didalam tubuh manusia salah satu faktornya yaitu pikiran yang mendukakan hati kita. Untuk itu saya anjurkan pembaca untuk mencoba memulai hari dengan memberikan senyuman mulai dari orang sekitar kita. Sapalah orangtua kita di pagi hari dan berilah sedikit senyuman agar tubuh kita tetap ceria. Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Cara Meredam Emosi Sesaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s