Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis terjadi akibat penurunan hormon estrogen pada wanita dan penurunan testosterone pada laki – laki. Umumnya kaum perempuan lebih dahulu mengalami osteoporosis  sekitar usia 45 tahun, dimulai saat mereka memasuki masa menapouse dimana perempuan tidak mengalami masa menstruasi kembali.

Walau disebabkan faktor hormon, pengobatan osteoporosis tidak bisa dilakukan dengan menyuntikkan hormo. “Kalau disuntikkan hormon, bisa menimbulkan efek samping pada bagian tubuh yang lain. Seperti payudara atau gula darah ” kata Dr dr Ketut Siki Kawiyana, SpB Sp OT (K), guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Menghadapi pengeroposan tulang ini, jalan yang terbaik adalah dengan menundanya, yaitu dengan lebih banyak mengkonsumsi kalsium dan memperbaiki pola hidup. “Dibandingkan dengan orang – orang terdahulu, yang untuk segala urusan selalu menggunakan perjalanan dengan berjalan kaki, dan generasi sekarang yang selalu naik turun kendaraan. Pola hidup yang seperti inilah yang membuat orang – orang generasi sekarang ini kurang sehat dan mudah terserang penyakit.” Tambah dr. Ketut Siki.

Sebenarnya ada cara yang sehat dan efektif yang telah diteliti kebenarannya untuk mencegah terjadinya osteoporosis ini, yaitu :

  1. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium yang cukup, contoh : ikan gerang yang kecil yang dimakan bersama tulangnya.
  2. Banyak berjemur di bawah sinar matahari pagi hari karena selain untuk mendapatkan vitamin D juga berguna untuk penguatan tulang.
  3. Konsumsi tempe, selain murah ternyata tempe juga kaya akan kandungan isoflapon yang banyak merangsang pertumbuhan sel pembentuk tulang. Banyak pakar kesehatanpun telah mengakui kehebatan dari makanan yang murah meriah ini adalah cara alami untuk mencegah osteoporosis  pada kaum laki – laki dan perempuan.
  4. Mengkonsumsi daun semanggi, tumbuhan dengan tiga helai daun ini juga mempunyai isoflapon yang tinggi dan tumbuhan ini banyak terdapat di pulau Jawa.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, untuk itu jika ternyata pencegahannya bisa dilakukan dengan mudah dan  tanpa biaya yang mahal, tidak ada salahnya kita mulai mencobanya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s