Membuat Garis dengan Menggunakan OpenGL

Berikut ini saya akan mencoba untuk membuat garis menggunakan bahasa pemrograman OpenGL melalui Dev C++.

1. Garis Horizontal

glClearColor (0.5f, 0.5f, 0.5f, 0.5f); digunakan untuk membuat background menjadi warna abu – abu
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPointSize(13.0f); digunakan untuk menentukan besar titik yang akan tercetak.

glBegin(GL_POINTS); digunakan untuk mencetak poin – poin dari data yang telah ditetapkan.
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0); digunakan untuk memberikan warna biru pada titik yang akan dimunculkan oleh program.
glColor3f(0,1,1);
            
glBegin(GL_POINTS);
glVertex3f(0,0,-0.0); titik akan dimulai dari koordinat (0,0)
glVertex3f(0.9,0.0,0.0); titik akan diakhiri pada koordinat (0.9)

glVertex3f(0.8,0.0,0.0);glVertex3f(0.7,0.0,0.0);glVertex3f(0.6,0.0,0.0);
glVertex3f(0.5,0.0,0.0);glVertex3f(0.4,0.0,0.0);glVertex3f(0.3,0.0,0.0);
glVertex3f(0.2,0.0,0.0);glVertex3f(0.1,0.0,0.0); merupakan nilai yang berada pada sumbu x.
                        
glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

theta += 1.0f;
Sleep (1);

Output untuk program diatas :

2. Garis Vertikal

glClearColor (0.5f, 0.5f, 0.5f, 0.5f); digunakan untuk membuat background menjadi warna abu – abu
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPointSize(13.0f); digunakan untuk menentukan besar titik yang akan tercetak.

glBegin(GL_POINTS); digunakan untuk mencetak poin – poin dari data yang telah ditetapkan.
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0); digunakan untuk memberikan warna biru pada titik yang akan dimunculkan oleh program.
glColor3f(0,1,1);
            
glBegin(GL_POINTS);
glVertex3f(0,0,-0.0); titik akan dimulai dari koordinat (0,0)
glVertex3f(0.0,0.9,0.0); titik akan diakhiri pada koordinat (0.9)
glVertex3f(0.0,0.8,0.0);glVertex3f(0.0,0.7,0.0);glVertex3f(0.0,0.6,0.0);
glVertex3f(0.0,0.5,0.0);glVertex3f(0.0,0.4,0.0);glVertex3f(0.0,0.3,0.0);
glVertex3f(0.0,0.2,0.0);glVertex3f(0.0,0.1,0.0); merupakan nilai yang berada pada sumbu y.
                        
glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

theta += 1.0f;
Sleep (1);

Output untuk program diatas :

3. Garis Diagonal

glClearColor (0.5f, 0.5f, 0.5f, 0.5f); digunakan untuk membuat background menjadi warna abu – abu
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPointSize(13.0f); digunakan untuk menentukan besar titik yang akan tercetak.

glBegin(GL_POINTS); digunakan untuk mencetak poin – poin dari data yang telah ditetapkan.
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0); digunakan untuk memberikan warna biru pada titik yang akan dimunculkan oleh program.
glColor3f(0,1,1);
            
glBegin(GL_POINTS);
glVertex3f(0,0,-0.0); titik akan dimulai dari koordinat (0,0)
glVertex3f(0.9,0.9,0.0); titik akan diakhiri pada koordinat (0.9)
glVertex3f(0.8,0.8,0.0);glVertex3f(0.7,0.7,0.0);glVertex3f(0.6,0.6,0.0);
glVertex3f(0.5,0.5,0.0);glVertex3f(0.4,0.4,0.0);glVertex3f(0.3,0.3,0.0);
glVertex3f(0.2,0.2,0.0);glVertex3f(0.1,0.1,0.0); merupakan nilai yang berada pada sumbu x dan y.
                        
glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

theta += 1.0f;
Sleep (1);

Output untuk program diatas :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s